Jumat, 29 Oktober 2010

Silmido (2003)

Silmido




Story :

Pada bulan Januari 1968, satu unit khusus militer Korea Utara dengan sandi 124, berhasil menginfiltrasi Korea Selatan dengan tujuan membunuh presiden Korea Selatan saat itu, Park Chung-hee. Tetapi misi ini berhasil diketahui oleh militer Korea Selatan sehingga gagal-lah misi tersebut.

Dinas intelijen Korea Selatan menanggapi aksi infiltrasi ini dengan membentuk satu unit khusus utk membalas kejadian lalu. Unit ini dinamakan 684 dengan tujuan utk masuk ke Pyongyang dan membunuh Kim Il Sung, pimpinan tertinggi Korea Utara. Unit khusus ini diambil dari 31 orang narapidana hukuman mati dan akan dilatih di sebuah pulau kecil yang bernama Silmido.

Selama hampir setahun, unit 684 dilatih dengan cara2 yg sangat keras, bahkan melebihi latihan militer pda umumnya. Tetapi di tempat inilah, 31 orang (nantinya akan berkurang anggotanya) menemukan arti loyalitas, kebanggaan, keberanian dan persahabatan seutuhnya. Menjelang misi diluncurkan mereka menjadi sebuah elit khusus yg bisa diharapkan keberhasilannya.

Tetapi pada malam keberangkatan misi, di tengah perjalanan misi mereka dihentikan atas perintah pimpinan pusat. Pemerintah Korea Selatan akan memilih jalan damai utk unifikasi Korea. Hal ini tidak dapat diterima oleh sebagian anggota. Bahkan dinas intelijen yg membentuk satuan elit ini akhirnya memutuskan untuk menghabisi semua anggota unit 684...


review :

Lebih dari 3000 tahun yg lalu ketika China terpecah dalam beberapa kerajaan2 yg saling berperang untuk merebut kekuasaan tunggal, dua buah kerajaan, Wu, yg saat itu adalah salah satu kerajaan kuat menginvasi tetangganya, Yue, sebuah kerajaan kecil yg selama ini boleh dibilang adalah vasal dari kerajaan Wu. Raja Wu, He Lu memimpin sekitar 50 ribu pasukannya menyerang Yue. Invasi ini hampir berhasil sampai suatu ketika, Yue merekrut seorang pemuda cemerlang yg memberikan taktik brilian kepada raja Yue, Guojian. Taktik ini berhasil membuat serangan Wu tertahan bahkan mereka bisa dipukul mundur. Pemuda itu, Fan Li, memerintahkan sekitar 300 orang terpidana mati Yue untuk melakukan misi bunuh diri di hadapan puluhan ribu pasukan Wu. Merasa bahwa mereka juga akan mati dan kecintaan akan negeri Yue, 300 terpidana itu patuh. Singkat cerita, di hadapan puluhan ribu pasukan Wu, 300 terpidana itu melakukan aksi bunuh diri di hadapan pasukan Wu. Mereka menggorok leher mereka. Kejadian yg tiba2 ini membuat shock pasukan Wu. Momentum ini digunakan oleh pasukan Yue utk mengalahkan pasukan Wu.

Seperti yg diketahui bahwa unit 684 adalah unit yg terdiri para terpidana mati. Hal ini membuat mereka tidak ada pilihan lain selain utk menerima tugas bunuh diri ini.

Film ini terinspirasi dari sebuah data yg disembunyikan oleh pemerintah ttg insiden yg terjadi di pulau Silmido. Film ini adalah film pertama Korea Selatan yg mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Lebih dari 10 juta orang Korea Selatan, menonton film ini yg akhirnya membuat film ini sebagai film box office. Rekor Silmido akhirnya bisa dipatahkan oleh Taegukgi kemudian hari. Tetapi sebagai film yg diproduksi dengan biaya yg tidak terlalu mahal, membuat film ini unggul.

Selain akting dari para pemainnya yg prima, Silmido mengajar kepada kita ttg arti sebuah pengorbanan, loyalitas, tugas, moral, tanggung jawab dan persahabatan. Bahkan ketika mereka dikhianati oleh para pencipta mereka, unit 684 tidak lantas menjadi satuan yg lepas kendali. Mereka tetap mendatangi ibukota untuk mendapat pengakuan yg pantas dari ibu pertiwi.

Film ini ditutup dengan sebuah scene yg indah yg mengakhiri "misi mulia" dari unit 684.

7.5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar