Jumat, 29 Oktober 2010

All The King's Men (2006)

All The King's Men




Story :

Willie Stark adalah seorang lawyer idealis di sebuah kota kecil khayalan di negara bagian Loussiana, AS. Ia membongkar kebobrokan dewan kota yg melakukan konspirasi pembuatan sekolah dengan sebuah perusahaan konstruksi. Tetapi usaha ini gagal dan Willie pun akhirnya sinis terhadap pemkot. Tak lama setelah gedung sekolah tsb berdiri terjadi kecelakaan. Tangga darurat tiba2 rubuh dan mengakibatkan 3 orang anak kecil siswa di sekolah tsb meninggal. Hasil investigasi menyebutkan bhw konstruksi tangga darurat tsb tidaklah layak. Kejadian ini membuat nama Willie berkibar.

Bendahara Kota, Tiny Duffy, membujuk Willie agar mencalonkan diri menjadi Gubernur. Tiny mengatakan bhw dua saingannya hanyalah seorang begundal yg akan kalah dalam pemilihan nanti. Akhirnya Willie pun menyetujui ikut pencalonan gubernur tsb. Di tengah suasana kampanye, melalui Jack Burden, sahabatnya seorang wartawan politik dan Sadie Burke, asisten kampanye Willie, Willie mengetahui bhw dirinya hanyalah tumbal politik dua saingannya. Willie pun berubah dan akhirnya dengan usahanya sendiri ia meraih kemenangan mutlak atas lawan2nya.

Kisah berikutnya adalah tindak tanduk Willie sebagai seorang politikus yang licik tapi cerdik dalam membungkam seteru2 politiknya. Di akhir film akan ada kejadian yg di luar dugaan juga loh dari si Willie...


Review :

All The King's Men adalah film yg diadaptasi dari sebuah novel legendaris dengan judul yg sama karya Robert Penn Warren. Novel yg terbit sekitar tahun 1940an tsb mendapat penghargaan Pulitzer. Bagi sebagian kalangan novel ini menjadi salah satu referensi bagi orang2 yg ingin mendalami dunia politik. Kabarnya di fakultas hukum Harvard, novel ini menjadi bahan kajian bagi mahasiswa2 hukum dalam konteks bahasan politik hukum.

Nah bagaimana dg filmnya?? yeappp, film ini flop... gagal totalll.... menurut pasar..

ttp bgm menurut saya pribadi?? film ini adalah film thriller politik terbaik yang saya pernah tonton selama ini. Jujur, saya sampai tidak beranjak dari kursi utk terus menonton film ini hingga habis. Dialog dan akting dari para pemainnya sungguh prima.

Sean Penn sebagai seorang Willie Stark sangat menghayati perannya. Sebagai tambahan, Willie Stark itu sebenarnya adalah karakter nyata dari seorang poltikus tangguh Lousianna, Huey P. Long. Long adalah senator dari Partai Demokrat yg kebijakan2nya sangat revolusioner dan populis. Kisah hidupnya pun mirip2 dg Willie Stark. Sama seperti Stark yg berasal dari dusun dan sukses karena ditipu, Long pun demikian. Long lahir disebuah kota kecil. Ia seorang yg idealis tp polos. Kepolosannya tsb akhirnya membuat ia sering dimanfaatkan oleh pihak2 yg ingin meraih keuntungan pribadi. Long sama seperti Stark akhirnya sadar dan menjadi karakter yg "kejam" dan gemar "menghabisi" reputasi lawan2 politiknya.

Nah, sean berhasil memerankan karakter Stark/Long dengan baik. Saya melihat beberapa cuplikan pidato2 Long dan boleh saya katakan Sean bnar2 seperti Long, mulai dari gayanya yg eksplosif, suara yg menggelegar dan aksen selatan yg kental. Saya sampai mengira bhw Sean memiliki bakat menjadi seorang politisi kawakan. Mantapppp....

Tokoh2 lain seperti Jack Burden, Sadie dan Tiny yg diperankan oleh Jude LAw, Paticia Clarkson, dan James Gandolfini pun bermain baik pada posisinya masing2.

Skrip yg dihasilkan juga sangat baik sehingga membuat tidak ada celah yg bisa membuat penonton merasa kebingungan.

Ya, memang ini bukan film utk semua orang. Ini bukan film hiburan bagi hati yg penat. Tetapi dari film ini, dan tentunya juga dari novelnya, ada banyak pelajaran universal bagi seseorang, bagi anda dan saya dalam mengelola karir anda menuju kesuksesan, baik di perusahaan maupun di mana anda beraktivitas.

7.5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar