Kamis, 21 Oktober 2010

Felon (2008)

Felon

Director : Ric Roman Waugh
Writter : Ric Roman Waugh

Cast :

Stephen Dorff : Wade Porter
Val Kilmer : John Smith
Sam Shepard : Gordon

Story :

Wade Porter (Stephen Dorf), seorang pria yang memiliki usaha sendiri dan beberapa bulan ke depan akan menikahi kekasihnya, Laura Porter. Kehidupannya begitu menyenangkan hingga di suatu malam seorang pria asing masuk ke rumahnya. Wade mengejar pria asing itu hingga ke luar rumah dan memukul pria tsb dg tongkat baseball tepat di kepalanya. Pria asing tsb tewas di tempat. Polisi datang dan menangkap Wade, walaupun Wade mengaku bahwa ini adalah tindakan pembelaan diri, tetapi polisi tidak pduli karena nyatanya si pria asing tsb sdh keluar rumah.

Di pengadilan pun akhirnya Wade mengaku bersalah utk menghindar dari hukuman yg lebih berat. Ia masuk ke penjara, tetapi naasnya ia tidak sengaja terlibat penyerangan salah satu tahanan. Ia pun akhirnya masuk ke dalam sebuah bagian penjara khusus yang menampung tahanan2 yang berbahaya. Di tempat inilah Wade harus berjuang setiap harinya agar bisa selamat dari ganasnya tempat tsb sekaligus melawan kesewenang-wenangan sipir penjara.


Review :

Gw beli film ini karena review yang cukup bagus dari forum sebelah. Dan memang Felon berhasil menghadirkan suguhan film bernuansa penjara yang cukup realistis.

Akting dari Dorf dan Val Kilmer bnar2 luar biasa menurut gw. Dorf sebagai seorang pria baik2 bisa memerankan kegalauan, kesedihan, ketakutan dan akhirnya menjadi bengis secara meyakinkan. Begitu juga dengan Kilmer. Ia berhasil memerankan dg baik seorang tahanan yang kejam tetapi bisa menjadi "mentor" yang baik bagi Wade.

Mll Felon kita bisa tahu bahwa di dalam penjara bukan berbicara mengenai geng atau kelompok, tetapi lebih daripada itu adalah isu rasial. Dalam Felon kita diperkenalkan berbagai kelompok ras, misalnya Aryan Brotherhood yang anggota2nya adalah kulit putih, kelompok Hispanic Latin, kelompok campuran Negro dan Asia. Semua berkumpul satu dengan yg lain dalam satu tempat dan bersaing satu dengan yg lainnya utk menujukkan kekuasaan mereka.

Suka tidak suka, rela tidak rela harus memilih utk masuk ke dalam kelompok yg mana. Karena dengan kelompok lah mereka bisa survive. Kita juga bisa melihat ttg arti pentingnya sebuah kekeluargaan dan tentunya loyalitas. Apabila salah satu tsb dikhianati, maka tidak ada ampun.

Denger2 niy film berdasarkan kejadian yang terjadi di salah satu penjara terkejam di AS, California State Prison, pada tahun 1990an.

gw quote salah satu tulisan dalam film Felon yg jd bahan perenungan kita :

"Usually I'm quoting someone else's words. The least I can do is give you some John Smith originals. They won't be poetic. But they'll be the truth. Yes, prison desensitizes you. But it also forces you to see what's most important. Family. And loyalty. Because a con like you knows neither exists in this place. So don't run from who you've become, felon. Embrace it. Grow from it. And you'll never lose sight of what truly matters. That's my final piece of advice, Wade Porter. You protect your family at all costs. Even if you're forced to kill again. Because if i had to, I’d wipe out the whole planet to get mine back. So long, friend."

7.8/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar