Kamis, 21 Oktober 2010

The Orphanage (2007)

The Orphanage


Director : Juan Antonio Bayona
Writter : Sergio Sanchez


Cast :
Belen Rueda : Laura
Fernando Cayo : Carlos

Roger Princep : Simon


Story :
Laura (Belen Rueda) datang kembali ke tempat di mana ia pernah dibesarkan sebagai seorang anak yatim piatu. Ia datang bersama suaminya, Carlos ( Fernando Cayo) dan seorang anak laki2 angkat, Simon (Roger Princep). Laura dan suaminya sepakat untuk memperbaiki bekas panti asuhan tersebut menjadi rumah bagi anak2 yang mengalami keterbelakangan mental. Selagi mempersiapkan rumah tersebut, Simon mengaku ia menjalin persahabatan dg seorang sahabat fantasi yang bernama Tomas (Oscar Casas). Laura dan Carlos menganggap hal tersebut adalah biasa bagi seorang anak2 seperti Simon.

Suatu ketika, Laura kedatangan seorang tamu bernama Benigna (Montserrat Carulla). Benigna mengaku sebagai seorang pekerja sosial yang datang untuk memberitahukan informasi rahasia mengenai anak angkat Laura, Simon. Dalam sebuah dokumen, Benigna menunjukkan bhw Simon positif HIV. Walaupun Laura yang menyadari bhw SImon membutuhkan obat2an tp ia tidak mempedulikan hal tsb. Ia mengusir Benigna. Selepas kedatangan Benigna itulah dimulai serangkai gangguan2 supranatural yang berujung pd hilangnya Simon tepat pd hari acara pembukaan Rumah bagi anak2 keterbelakangan mental.


Review :

Walaupun disutradarai oleh Juan Bayona, The Orphanage sangat kental unsur Del Torro-nya. Nuansa fantasi namun dibalut dg aroma gelap yg mempengaruhi emosi penonton. Walaupun tanpa unsur penampakan makhluk2 menyeramkan atau suara musik yang menghentak, Bayona tetap mampu menghadirkan nuansa seram bagi penonton.

Satu per satu kita diajak oleh Bayona utk memecahkan misteri hilangnya Simon melalui petunjuk2 yang diselipkan bayona dalam setiap scenenya. Alhasil film ini sedikit mencontek apa yang sudah dilakukan Del Torro dalam Pan's Labyrinth, yaitu mengambil unsur fantasi tp dibalut nuansa sendu. Belen Rueda berhasil dengan baik memerankan seorang ibu yang bnar2 mengasihi anaknya sehingga apapun ia lakukan agar dapat menemukan Simon. Roger Princep yang memerankan suami Laura yang berprofesi dokter pun bermain baik. Montserrat Carula sebagai Benigna walaupun hadir dalam 3 scene tp cukup membawa nuansa menakutkan bagi keseluruhan film ini.

Tetapi walaupun ini adalah film Thriller/Ghost Story, Bayona seakan hendak menyampaikan pesan bahwa kasih ibu adalah sepanjang masa bagi anak2nya sehingga sang ibu sanggup melakukan hal2 di luar batas2 logika manusia agar dapat menyenangkan anaknya. Dan pesan ini sangat nyata terlihat pada ending film ini. Ya, memang ending film ini sangat tragis tetapi sekaligus menjadi ending yang membahagiakan, setidaknya bagi saya dan mungkin anda......

8/10

2 komentar:

  1. ini horor ya rong? berasa ingin meminjam gitu :D

    BalasHapus
  2. yupssss... horor neh cit.... tp endingnya mantepp cittt.... recomended deh... :D

    BalasHapus