Kamis, 21 Oktober 2010

Confucius (2010)

Confucius


Director : Mei Hu

Cast :
Chow Yun Fat : Kong Qiu
Zhou Xun : Nan Zi

Lu Yao : Lu Zun


Story :

Setelah berhasil memimpin dengan baik suatu kota di wilayah kerajaan Lu, Kong Qiu atau lebih dikenal Confucius, dipromosikan menjadi menjadi Menteri Hukum oleh penguasa Lu saat itu, Duke Ding. Ketika menjabat Menteri Hukum, Kong Qiu sukses mengembalikan tiga buah kota Lu yang diambil oleh kerajaan Qi 30 tahun sebelumnya tanpa berperang. Misinya juga adalah utk mengurangi peran para bangsawan yang menguasai kerajaan Lu saat itu dan juga hampir sebagian besar kerajaan2 di China saat itu. Ia cukup berhasil hingga dipromosikan menjadi Perdana Menteri Lu.

Tetapi lewat sebuah intrik kotor, Kong Qiu dipaksa meletakkan jabatannya dan menjalani pengasingan. Murid2nya yakni, Yan Hui, Zigong, Zilu, Ran Qiu, dll setia menemani Kong Qiu melintasi berbagai wilayah utk menyebarkan pengajaran2nya. Dalam pengembaraan bersama murid2nya inilah Kong Qiu didera oleh berbagai kesulitan dan marabahaya.

Pada tahun 484 SM, penguasa Lu yang baru, mengundang Kong Qiu untuk pulang ke Lu. Hal ini dilakukan karena situasi politik di Lu yang memanas. Apakah Kong Qiu sanggup mengampuni dan mau kembali ke tanah kelahirannya?


Review :

Gw mengenal Confucius dan pengajarannya ketika jaman kuliah dl. Lelah mempelajari konsep pemerintahan Hegel, Montesqiue dkk-nya, gw iseng2 mempelajari konsep demokrasi zaman China kuno. Dari sanalah gw berkenalan dengan Confucius. Jujur aj, ketimbang filsuf2 tata negara yg njilimet dan terlalu kaku, pengajajaran Confucius ttg konsep pemerintahan yang adil sangatlah sederhana.

Ok, kita kupas satu per satu filmnya.

Akting : menurut gw ada beberapa karakter yang mendapat porsi lebih dalam film ini. Kong Qiu, Duke Ding, Nanzhi, Yan Hui dan Zilu. Mengenai Kong Qiu yang diperankan oleh Chow Yun Fat, niy orang bner2 menghayati perannya sebagai orang yang paling berpengaruh sepanjang sejarah China. Mulai dari ekpresi ketegasan, kemarahan, kesedihan dan tangisan semuanya berhasil dijalankan dengan baik oleh Chow.

Duke Ding, diperankan dengan baik. Kita bisa melihat ekspresinya yg bodoh tetapi semuanya hanyalah topeng yang digunakan untuk mengamankan kekuasaannya.

Nanzhi, karakter ini diperankan dengan baik juga. Kita bisa merasakan kepintarannya yang sangguo mengendalikan roda pemerintahan Wei walaupun ia hanyallah seorang permaisuri.

Yan Hui dan Zilu, dua orang murid kesayangan Kong Qiu juga diperankan dengan baik. Yan Hui yang cerdas tetapi sabar dan rendah hati, sedangkan Zilu adalah seorang yang berangasan tetapi memiliki hati yang baik.

Mengenai setting film ini pun digarap dengan cukup baik. Kota2nya dibuat serealis mungkin. Salah satu minusnya mungkin adalah penggunaan teknologi CGI-nya yg masih kasar. Tetapi menurut gw tidak mengurangi kenikmatan dalam menonton film ini.

Melalui Confucius, kita banyak disadarkan ttg arti keadilan, kebenaran dan kesetiaan. Di tengah2 dunia yang mengutamakan popularitas, kekuasaan dan harta, nasihat2 Confucius seperti oasis di padang gurun. Yeap, banyak yang mengatakan ini adalah film propaganda pemerintah China, dan gw pun merasakan hal itu. Tetapi gw ga peduli dengan semuanya itu, Confucius adalah film yg bisa membuat rasa nasionalisme kita tumbuh kembali.

Satu2nya yg minus dari film ini adalah durasinya, 2 jam lebih sedikit kayaknya ga cukup buat film yg inspiratif ini...

7.5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar