Jumat, 29 Oktober 2010

Inception (2010)

Inception



Story :

Domm Cobb (Leonardo DiCaprio), seorang penipu yang mampu mencuri ide seseorang dengan cara memasuki alam pemikirannya ketika orang tersebut sedang berada di alam mimpi. Kemampuan unik ini sering disebut sebagai sebuah kemampuan untuk melakukan extraction. Oleh Saito (Ken Watanabe), yang kagum akan kemampuan Cobb, ia diberikan sebuah tugas yang lebih berat lagi, yakni untuk melakukan penanaman ide di pemikiran seseorang, yang lazim disebut inception.

Untuk menjalankan tugas tersebut, Cobb mengajak rekan-rekannya, Arthur (Joseph Gordon-Levitt), yang merupakan sahabat dan orang kepercayaan Cobb, dan Eames (Tom Hardy), yang memiliki kemampuan untuk menirukan karakter lain. Mereka kemudian juga merekrut Yusuf (Dileep Rao), yang memiliki kemampuan dalam mengolah bahan kimia, serta Ariadne (Ellen Page), murid dari mertua Cobb, Miles (Michael Caine), yang memiliki kemampuan yang mengagumkan dalam hal arsitektur dan ditugaskan untuk membentuk sebuah alam mimpi.

Tugas mereka kini adalah memasuki alam mimpi Robert Fischer, Jr (Cillian Murphy), seorang pewaris sebuah perusahaan, dan menanamkan pemikiran bahwa ia harus menutup perusahaan ayahnya. Sebenarnya, dengan keberadaan tim yang solid dan memiliki kapabilitas yang baik, tugas ini diyakini dapat mudah untuk dilaksanakan. Namun, alam pikiran Cobb sendiri memiliki beberapa hal tersembunyi mengenai almarhumah istrinya, Mal (Marion Cotillard), yang seringkali mengganggu pemikiran Cobb dan akhirnya mengganggu kinerjanya ketika sedang bertugas.


Review :

Ide dr film ini sesungguhnya sederhana... tentang dunia mimpi atau mungkin imajinasi liar dr seorang Nolan... Ide yg bahkan Wachowski Brothers sudah menuangkannya dalam Trilogi Matrix dan Nolan pun katanya terinspirasi dr ide cerita The Matrix. Bedanya The Matrix "mengobrak-abrik" dunia komputer sedangkan Nolan dalam Inception menuangkan ide The Matrix tsb dalam perangkat lunak penting manusia, Otak yang kemudian menjadi landasan utk mengeksplorasi dunia bawah sadar manusia, yakni Mimpi.

Tetapi bukan namanya Nolan kalau tidak bisa membuat ide sederhana tsb menjadi sebuah cerita yang rumit dan penuh lapis tp tetap bisa membuat fokus penonton bahkan seluruh energi penonton tersedot dalam film tersebut. Dan tidak semua produser akan menerima ide film ini dan berani mengeluarkan biaya besar utk memproduksi film ini kalau bukan Nolan yang menjadi jaminan film ini akan menjadi film yg mengeruk keuntungan luar biasa.

Ok, kembali ke filmnya. Inception membenturkan penonton dengan sebuah ide : sebuah kisah yang berlapis dimana mimpi memainkan realitas sedangkan realitas itu sendiri tidak jelas apakah mimpi atau kenyataan. Jalinan mimpi yg dihadirkan oleh Nolan begitu riil yang akhirnya membuat penonton tidak bisa menerka begitu saja apakah ini mimpi atau realita, apakah sudah bangun atau ternyata msh tidur dan bermimpi. Tetapi di sinilah Nolan "membantu" penonton dengan sebuah konsep totem utk bisa membedakan antara realita atau mimpi walaupun akhirnya konsep ini pada akhirnya membuat penonton kembali merasa "terjebak" dalam alur pemikiran Nolan... :hammer:

Berhubung jalinan dialog yang cepat dan rumit, Nolan mengantisipasi kebingungan penonton dengan koreografi aksi yang berkelas tinggi, mulai dr adegan tembak2an, kejar2an ataupun perkelahian digarap dengan luar biasa. Penonton pun dibuat merasa dag dig dug duerr dengan aksi2 yg disuguhkan Nolan.

Untuk aktor dan aktrisnya saya pikir semua bermain dengan baik sesuai dengan porsinya masing2...

Inception akhirnya menyelamatkan muka Holiwut di jajaran film2 musim panas yang diisi dengan film2 reboot, sekuel atau pun jenis film yg lain...

Akhir kata, mimpi itu sesungguhnya adalah produk paling ambisius yang dihasilkan manusia, bukan dalam arti mimpi yang sesungguhnya tp juga dapat dihubungkan dengan keinginan dan harapan manusia. Mungkin film ini adalah mimpi dari seorang Nolan dimana akhirnya mimpi tersebut kini menjadi realita atau mgk kita sendiri yang terjebak dalam mimpi Nolan dalam film tersebut. Keluarkanlah totem milik anda utk mengetahuinya...

9.8/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar