Kamis, 21 Oktober 2010

Salvador ( 1986 )

Salvador (1986)


Director : Oliver Stone

Writter : Oliver Stone & Rick Boyle


Cast :

James Wood : Richard Boyle

James Belushi : Doctor Rock

John Savage : John Cassady



Story :

Seorang jurnalis, Richard Boyle bersama seorang rekannya, pergi ke Salvador, sebuah negara kecil di belahan Amerika Selatan yang sedang dalam kekacauan politik yang parah pada tahun 1980-an.

Pada awalnya, Boyle pergi ke Salvador utk merubah peruntungannya yang buruk di Amerika Serikat. Tetapi setelah melihat bagaimana situasi politik di Salvador ditambah bahwa dirinya mencintai pacar Salvadornya, Maria, membuat ia sadar bahwa keadaan di Salvador jauh lebih buruk dari perkiraannya.


Review :

Film ini boleh dibilang adalah film "debutan" Oliver Stone utk film2 kontroversi karyanya yg lain seperti, Platoon dan Born Of The 4th Of July. Dalam film ini, dan juga film2 ia lainnya, Stone menyoroti peran militer AS di negara kecil Salvador. Berlatar belakang situasi perang dingin, terlihat bagaimana militer AS berjuang memblokade pengaruh komunis dengan cara mendukung pemerintah militer yang ada. Tetapi yang lebih mirisnya adalah bagaimana AS menutup mata terhadap pembunuhan Uskup Agung Romero yang kritis terhadap pemerintahan militer dan juga pemerkosaan dan pembunuhan 4 orang biarawati Katolik yang setiap harinya membantu para penduduk Salvador yang menderita akibat krisis politik tsb.

Utk akting para pemainnya, James Wood memerankan dengan baik seorang Boyle yang ugal2an, sinis dan terkadang bodoh. James Belushi sebagai pendukung juga bermain lumayan.

Memang di sini Stone menjual kebobrokan militer AS dan pemerintahan milter Salvador, dan ini berhasil dijual oleh Stone dalam film ini. Tetapi walaupun begitu, Stone juga menampilkan kebobrokan milisi komunis yang membunuh para tawanan.

Yah, apapun rezim yang menggantikan, yang susah pastilah rakyat kecil...

7.5/10

*film ini based on true story loh... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar