Jumat, 29 Oktober 2010

The Book of Eli (2010)

The Book Of Eli



Story :

Eli adalah salah seorang manusia yg selamat dari perang nuklir (saya asumsikan sbg perang nuklir krn situasi yg digambarkan dalam film tsb). Ia berkelana menuju ke Barat utk mengantarkan satu2nya buku penting (dirahasiakan sampai pertengahan film) yg tersisa dari peradaban bumi setelah perang berkecamuk.

Konflik mulai menanjak ketika Eli tiba di sebuah kota kecil yg dipimpin oleh Carnegie dibantu oleh sekelompok geng bersenjata utk mengelola kota tsb. Carnegie adalah penyuka buku dan ia mengirimkan anak buahnya utk mencari sebuah buku yg ia percaya dapat ia gunakan utk memperkuat dan memperluas kekuasaannya. Singkat cerita, Carnegie tahu bahwa Eli membawa buku yg ia mau tsb. Dan terjadilah kejar2an antara Eli dan geng Carnegie. Satu orang utk menyelamatkan buku tsb agar tidak terjatuh ke tangan orang jahat yg satu lagi utk menggunakan buku tsb sebagai kekuatan dan penaklukkan.


Review :

Sudah bnyk film2 produksi holiwut yg bertema post apokalip. Dan kebanyakan hanya berkutat pd adegan2 aksi berdarah2 yg itu2 saja. Ttp walopun begitu ada beberapa film dg tema post apokalip yg cukup menarik perhatian penonton dalam satu tahun terakhir ini. Pertama, The Road, kedua (IMHO) adalah The Book Of Eli.

Utk akting, Denzel dan Gary Oldman bermain cukup baik. Denzel cukup baik memainkan karakter seorang pengelana yg kalem tetapi apabila ia diganggu dan ia merasa sudah di luar kewajaran maka ia berubah menjadi seorang mesin pembunuh yg efektif. Sedangkan Oldman berhasil memerankan seorang pemimpin pintar yg licik dan kejam (saya pikir ini memang sudah trademark seorang Gary Oldman).

Untuk background, The Book of Eli berhasil memeperlihatkan dengan baik sebuah bentuk bumi yg hancur dan peradaban yg kejam. Pengambilan gambar yg memakai warna suram berhasil membuat saya cukup bisa merasakan keheningan sekaligus ketakutan dari sebuah peradaban baru yg liar.

Mgk yg lemah dari film ini adalah skenario dari film tsb. Agak bnyk yg kedodoran dan cenderung memudahkan karakter Eli agar bisa menjalankan misinya dengan sukses. Tetapi kedodoran dari skenario film tsb bisa ditutupi dengan akting yg baik dari dua tokoh utama, Denzel Washington dan Gary Oldman dan juga sedikit mencuri perhatian adalah akting Mila Kunis.

Film ini jg ternyata cukup kontroversial juga, saya cek di IMDB ada banyak komentar yg mengatakan bhw film ini adalah film propaganda yg dibungkus dalam tema apokalip dan lgs memberi nilai buruk thd film ini. Ya, memang film ini adalah film yg menghadirkan nuansa salah satu agama tertentu. Tetapi di akhir film kita menyadari bhw pesan yg disampaikan dalam film ini lebih dari hanya sekedar propaganda belaka dari agama tertentu. Film ini berbicara mslh2 yg menurut saya adalah bagian dari mslh seluruh umat manusia apapun latar belakang mereka.

7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar