Rabu, 29 Juli 2009

Public Enemies (2009)

PUBLIC ENEMIES




















Director : Michael Mann

Cast :

1. Johnny Depp as John Dillinger
2. Christian Bale as Melvin Purvis
3. Marrion Cotilard as Billie Frechette


Sebuah persembahan dr sutradara Michael Mann. Film yang diangkat dari novel berjudul "Public Enemies : America's Greatest Crime Wave and The Birth of FBI" karya Bryan Burroughs. Sesuai dengan novelnya, film ini menceritakan kehidupan perampok bank legendaris Amerika Serikat pada era Depresi Besar tahun 1930-an, John Dillinger. Pada masa2 itu keadaan Amerika Serikat memang berada pada titik yang paling bawah sehingga menyuburkan aksi2 kejahatan terorganisir. Salah satu dari mereka yang paling berbahaya adalah kelompok John Dillinger. Kelompok ini dikenal paling "licin" dalam menjalankan aksi perampokan bank. Karena tindakan mereka yang semakin menjadi-jadi, sebuah Biro Investigasi Federal dibentuk utk membekuk kelompok penjahat ini sekaligus memberangus kejahatan2 terorganisir lainnya.


Film ini dibuka dengan aksi Dillinger dalam usaha membebaskan rekan2nya dari penjara Indiana. Pelarian ini berhasil dan mereka pergi meminta perlindungan mafia setempat di Chicago. Sementara itu, di tempat lain, seorang agen yang bernama Melvin Purvis, sedang memburu salah satu penjahat yang sedang diburu2, yaitu Pretty Boy Floyd. Karena menolak menyerahkan diri, Pretty Boy Floyd terpaksa ditembak. Keberhasilan ini membuat Melvin ditunjuk oleh J. Edgar Hoover (direktur biro investigasi) utk memburu John Dillinger dan menangkapnya. Secara garis besar film ini menceritakan adu strategi antara Dillinger dan Purvis. Walaupun begitu, film ini juga menceritakan kisah cinta Dillinger dengan Billie Frechette.


Akting para pemain Public Enemies berjalan dengan baik. Mereka bisa memerankan perannya masing2 dengan baik. Khusus utk Bale, ia berhasil melepaskan image "bruce wayne" yang kadung melekat erat pada dirinya dan memerankan seorang Melvin Purvis dengan cemerlang. Marion pun berhasil mencuri perhatian. Walaupun harus di kelilingi oleh dua aktor yang sedang laris manis, Depp dan Bale, Marion bs mengimbangi akting kedua pemain tersebut.


Kelebihan lain dari film ini adalah setting lokasi film dan kualitas gambar. Film ini mengambil setting di kota2 yang memang masih memelihara gedung2 bersejarah era 30-an, seperti Wisconsin, Illinois, dan kota yang dulu dikenal sebagai "surganya" gangster dan mafia, Chicago. Kualitas gambar yang dihasilkan juga begitu apik sehingga kita bs merasakan suasana Amerika Serikat pada tahun 30-an. Adegan aksinya pun digarap dengan baik oleh Mann. Suasana gun fight antara kelompok Dillinger dgn agen2 biro terasa sangat nyata.


Walaupun begitu, film ini pada dasarnya adalah bukan film yang diwanai adegan tembak2an dari awal sampai akhir. Jangan tertipu oleh trailer dari film ini. Tetapi walaupun begitu, menonton Public Enemies, sungguh tidak terasa membosankan. Dialog2 yang dibangun tidak akan membuat anda harus berpikir keras tetapi tidak murahan. Mann berhasil menjaga situasi film tersebut sehingga membuat saya tidak berpikir sedikit pun utk mengalihkan pandangan saya dr film tersebut. Jadi buat anda2 sekalian yang menginginkan adegan aksi dari awal sampai akhir saya sarankan utk tidak menonton film ini. Tetapi jika anda ingin mengetahui mengapa Dillinger sampai dijuluki Public Enemies No. 1 saat itu, maka anda wajib utk menonton film ini. Paling tidak film berhasil mengobati kekecewaan saya akan film2 musim panas yang ditunggu2 seperti Transformers II dan Harry Potter and The Half Blood Prince.

8.5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar